MAJULAH PENDIDIKAN SAMPANG

Rabu, 11 April 2018

7 KEAJAIBAN DUNIA SALAH SATUNYA ADA DI INDONESIA


BEIJING, NETRALNEWS.COM - Segala peristiwa hidup di dunia ini, jika disimak, banyak terjadi keajaiban. Dari sudut filsafat hidup, hidup itu sendiri adalah suatu keajaiban.  Anda tidak percaya, coba direnungkan, dan memang hidup itu sendiri adalah suatu keajaiban. 
Sejak beribu-ribu tahun lalu bumi telah menjadi saksi bisu atas semua sejarah keajaiban yang terjadi di seantero dunia ini.  Hebatnya, manusia di dunia di negara mana pun selalu dapat menciptakan keajaiban-keajaiban. 
 Lalu tahukah Anda ternyata terdapat tempat-tempat bersejarah yang mengagumkan di dunia ini, saking mengagumkannya tempat itu dianggap sebagai keajaiban dunia. 
UNESCO dengan pertimbangan sendiri lalu menurunkan ketetapan tentang 7 keajaiban dunia, meskipun terkadang ada pula versi 5 keajaiban dunia atau 9 keajaiban dunia. 
Pada tahun 2015 lalu sempat diduga terdapat 8 tempat keajaiban dunia yang malah menimbulkan kontroversi, karena faktanya hanya 7 tempat. 
Uniknya, sebelum ditentukannya 7 Wonders of the World ternyata tempat-tempat bersejarah ini ditentukan melalui pemungutan suara. 
Diambil dari 100 juta voting dan dari 21 tempat bersejarah, dipadatkan hingga ditentukanlah 7 Keajaiban Dunia Terbaru. Apa saja tempat-tempat mengagumkan tersebut?
Untuk diketahui, pemberian nama “ajaib” untuk tempat atau bangunan yang ada sekarang ini dipelopori oleh Antipater Sidon pada tahun 140 SM (sebelum masehi).
 Si Antipater Sidon ini mengumpulkan serta menuliskan tempat-tempat terbaik dan terindah sehingga orang yang membacanya berdecak kagum akan keindahannya. Saking indahnya tempat tersebut, sehingga disebut sebuah keajaiban.
Apa-apa saja yang masuk dalam 7 keajaiban duniaitu?
1. Taj Mahal – India
Monumen Taj Mahal berada di India tepatnya di Agra. Taj Mahal dibuat saat masa kekaisaran Mughal Shah Jahan bin Jahangir. Pada masa kekaisarannya, ia mempunyai banyak harta dan ingin membangunkan kuburan untuk istrinya Ratu Arjumand Banu Begum. 
Lalu dikumpulkanlah olehnya para arsitek untuk membangun kuburan tersebut, dan akhirnya Taj Mahal mulai di buat dari tahun 1630 hingga 1643. 
Dengan kata lain Taj Mahal dibangun selama 22 tahun setelah istrinya meninggal pada tahun 1631, saat melahirkan anak ke-14 yang bernama Gauhara Begum.
Menurut kisah mengerikan di balik monumen ini, Shah Jahan memotong tangan-tangan arsitek dan para pekerja yang membuat monumen ini setelah monumen selesai dibangun. 
Hal ini agar memastikan tidak ada bangunan Taj Mahal lainnya. Pada tahun 1983, UNESCO menyatakan bahwa Taj Mahal adalah satu tempat warisan dunia.
Akhirnya, ketika menginjak tahun 1983, Taj Mahal diterima sebagai salah satu 7 monumen dunia UNESCO atau Situs Warisan Dunia versi UNESCO.
              Gambar : Taj Mahal  Akra  India
              Sumber : google.com

2. Roman Colosseum – Italy
Colosseum yang menjadi salah satu keajaiban ini adalah sebuah arena gladiator bersejarah, dimana pada zaman itu tempat ini dijadikan tempat pertunjukan pertarungan antar tahanan penjara, binatang dan gladiator.
Colosseum ini mengandung simbol semangat Romawi untuk para petarung. Awalnya, tempat ini bernama Flavian Amphitheatr dan dianggap arena bertarung sampai salah satu lawannya mati.
Arsitek pembangunan ini adalah Vespasian, mulai dibangun pada abad 70 M. Bangunan ini terdiri dari 80 pintu masuk dan dapat menampung 55.000 penonton. 
Para penonton pada masa itu, biasanya terdiri dari orang miskin, orang kaya, bahkan kaisarnya pun ikut menonton. Sorak sorai suara gaduh dari penonton mengisi seluruh bagian Colosseum. 
Tempat ini sebagai saksi bisu perkelahian antar 2 orang yang berujung pada kematian. Pada tahun 1980, UNESCO menetapkan Colosseum sebagai Situs Warisan Dunia.
             Gambar : Colosseum  Italia
                  Sumber :  Google. com
3. Pyramid di Chichen Itza – Mexico
Salah satu lagi merupakan keajaiban dalam dunia arkeologi adalah The sacred Pre-Hispanic site of Chichen Itza yang berada di timur semenanjung Yucatan, Meksiko. Pada tahun 1988 UNESO telah menetapkan Pyramid Chichen Itza sebagai salah satu warisan dunia.
Pyramid Chichen Itza adalah salah satu keajaiban dunia yang terletak di Yucatan, Meksiko. Seperti namanya tempat ini berbentuk Piramid. Dibangun pada tahun 750 M dan 900 SM. 
Kuil ini dibuat pada masa suku Maya, dan dipercayai sebagai kuil terbesar pada masa itu dan dijadikan pusat kegiatan ekonomi dan politik pada saat bangsa Maya. 
Pada zamannya, kuil ini termasuk kuil terbesar dengan ukuran kurang lebih 5 km2. Sayangnya Chichen Itza sekarang sudah ditutup karena sedang proses perbaikan, padahal dalam 1 tahun, piramid ini bisa mengundang hampir 1 juta wisatawan di seluruh penjuru dunia. 
Situs Chichen Itza saat ini statusnya “tutup” karena masih dalam proses recovery. Padahal sebelumnya saat menjadi tempat wisata jumlah kunjungan pertahunnya bisa lebih dari 1 juta wisatawan yang datang.
              Gambar : Pyramid di Chichen Itza – Mexico
              Sumber : Google.com

4. Machu Picchu – Peru
Machu Picchu di Peru masuk juga sebagai Keajaiban Dunia UNESCO. Machu Picchu berarti Gunung Tua, jika dalam bahasa Quechua Machu Pikchu. 
Penduduk setempat sering menyebutnya dengan “The Lost City of Inca” atau Kota Inca yang Hilang. Sebutan ini berdasarkan pada lokasi tempat reruntuhan suku bangsa Inca pra-Columbus yang berada di wilayah pegunungan dengan ketinggian kurang lebih 2.350 m DPL (Di atas Permukaan Laut). Tepatnya di 70 km barat laut kota Cusco di Lembah Urubamba di negara Peru.
Machu Picchu dipercaya sebagai warisan dari kekaisaran Inca yang dibangun pada abad ke-15 di tengah-tengah hutan hujan tropis yang sarat akan alam yang eksotis. Susunan struktur situs bersejarah ini terdiri dari lantai yang landai dengan dinding-dinding sangat besar dan ukiran alami yang banyak terlihat di terasnya.

            Gambar : Machu Picchu – Peru
                 Sumber : Google.com

5. Petra – Yordania
Situs arkeologikal Petra terletak di Wadi Musa, Petra, Ma’an, negara Yordania. Bangunan ini memiliki arsitektur yang luar biasa keren. Mengapa? Karena dipahat pada batu besar. Tidak sekedar membangun, sistem perairannya pun juga dibangun.
Menurut perkiraan, Petra dibangun sekitar tahun 312 SM. Yang nonton film Transformer mungkin melihat situs ini di sana   Petra berada pada dataran rendah di antara Gunung Hor. 
Situs Petra belum diketahui dunia hingga sekitar tahun 1812 Masehi. Saat itu Johann Ludwig Burckhardt -seorang pengembara dari negara Swiss- melihatnya untuk pertama kali. 
Petra dinobatkan menjadi Warisan Dunia UNESCO per 6 Desember 1985. Petra juga masuk kategori sebagai tempat yang wajib didatangi sebelum meninggal dunia.
          Gambar : Petra - Yordania
              Sumber : Google.com
            

6. Great Wall of China – Tembok Besar Tiongkok – China
Bangunan di Thiongkok yang merupakan salah satu keajaiban dunia adalah Great Wall of China atau Tembok Besar Tiongkok
Saat pelajaran Sekolah Dasar, tahunya hanya nama Tembok Besar Cina (Great Wall of China). Ternyata bisa pula disebut Tembok Raksasa Tiongkok.   
Bukan sembarang tembok, tembok ini adalah tembok terpanjang dan terbesar yang pernah dibangun oleh manusia. Tembok Besar Cina/Tiongkok ditetapkan oleh UNESCO sebagai situs warisan dunia di tahun 1987.
Tujuan awalnya adalah pertahanan dalam bidang militer untuk menjadi penggalam musuh dari sisi bagian utara. Konon, saking besarnya tembok ini, jika kita melihatnya dari satelit bumi alias bulan, tembok ini akan terlihat dari sana. Dinding-dindingnya didirikan pada 220 Sebelum Masehi. Pembangunan selesai pada masa kaisar Dinasti Ming (1368-1644) dengan total panjang sekitar 21.196 km atau 13.170 mil.
          Gambar : Tembok Raksasa - China
              Sumber  : Google. com

7. Borobudur  - Magelang Indonesia
candi borobudur merupakan warisan budaya indonesia yang sudah terkenal sampai ke seluruh dunia bangunan ini merupakan candi budha terbesar didunia dan ditetapkan sebagai salah satu warisan budaya dunia oleh UNESCO.bentuknya yang megah dan detail arsitekturnya yang unik membuat semua orang ingin mengunjungi borobudur yang penasaran dengan ceritanya,borobudur mencuri perhatian dunia sejak HC cornelius menemukan lokasinya atas perintah Sir Thomas Stamford Raffles pada tahun 1814.pekerjaan menggali lokasi yang diduga monumen besar kemudian dilanjutkan oleh hotman salah satu pejabat pemerintah belanda yang saat itu para arkeolog berlomba lomba mencari tahu asal usul candi budha terbesar didunia ini


           
Gambar :  Candi Borobudur - Magelang  Jawa Tengah Indonesia
Sumber :  Google. com

Demikianlah 7 keajaiban dunia yang dapat penulis sajikan pada postingan kali ini. Somoga postingan ini dapat membawa perkembangan bagi khasanah pengetahuan kita, khususnya siswa -siswi kita. Kali ini dalam 7 keajaiban dunia ini memang memiliki perbedaan dengan pengetahuan yang kita miliki sebelumnya, namun hal ini janganlah dijadikan perdebatan, justru hal ini jadikanlah wawasan yang lebih luas dan mendalam tentang pengetahuan itu sendiri.

Penulis : Mohamad Juri, S.Pd.,MMPd
Kepala SMPN Satap 2 Tambelangan Sampang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Soal OSN SMP

PESERTA DIKLAT K13 RAYON SEKOLAH INTI SMPN SATAP 2 TAMBELANGAN

Peserta Diklat k13 Per Mata Pelajaran sebagai berikut : A. DIKLAT GURU MATA PELAJARAN 1. Peserta Diklat Mata Pelajaran Pendidikan Agama Is...